Cara Membaca t-Tabel dan Dasar Pengambilan Keputusan dalam Uji t

07.02.00
  

Haloo semuanya, ini adalah lanjutan dari artikel Analisis Regresi Linier Berganda Menggunakan SPSS. Sesuai janji di artikel sebelumnya kali saya akan membahas bagaimana cara membaca t-tabel dan bagaimana dasar pengambilan keputusan dalam Uji t. Seperti yang kita tahu Uji t ini sering digunakan dalam pengujian hipotesis penelitian dan hasil dari analisis dari Uji t ini dapat menjawab hipotesis penelitian kita apakah H1 diterima atau ditolak. 

Probabilitas Pada t-Tabel
Sebelum melakukan pengujian hipotesis terlebih dahulu kita tetapka apa yang disebut dengan probabilitas. Probabilitas itu adalah taraf signifikansi atau sering disebut alpha α.
Probabilitas 1 arah dan probabilitas 2 arah
Jenis probabilitas tergantung pada rumusan hipotesis yang akan kita uji. Misal kita ingin menguji suatu hipotesis ” Dari sisi ini, pengujian hipotesis memiliki dua bentuk pengujian yaitu pengujian satu arah dan pengujian dua arah. Pengujian satu arah atau dua arah tergantung pada perumusan hipotesis yang akan kita uji. Misalnya jika hipotesis kita berbunyi, “Return on Asset berpengaruh positif terhadap Interest Coverage Ratio ”. Maka pengujiannya menggunakan uji satu arah. Artinya semakin tinggi profitabilitas maka semakin rendah kemungkinan terjadinya kesulitan keuangan”. 
Tetapi jika hipotesisnya berbunyi, “ Return on Asset berpengaruh terhadap Interest Coverage Ratio”. Artinya profitabilitas bisa berpengaruh positif , tetapi juga bisa berpengaruh negatif terhadap kesulitan keuangan. Maka, pengujiannya menggunakan uji dua arah.

Rumus t-Tabel dua arah
Rumus untuk mencari nilai t-tabel yaitu:
t-tabel = (α/2; df)
Keterangan:
Jika tingkat kepercayaan 95% maka nilai α = 5% atau 0,05.
df = derajat bebas (degree of freedom) ditentukan dengan rumus: n-k, dimana:
n = jumlah sampel
k = jumlah variabel (independen & dependen).

Contoh hasil uji t:
Misalnya dalam penelitian saya terdapat 35 sampel dan 3 variabel. Maka nilai df adalah 35-3=32.
Karena Hipotesis penelitian saya sifatnya 2 arah maka rumus untuk mencari nilai t-tabel yaitu:
= 0,05/2 ; df = 32.
= 0,023 ; df = 32.
Kita coba lihat di di distribusi nilai t-Tabel.
Terlihat dari nilai α/2 = 0,025 dan nilai df = 32, maka nilai t-Tabel dari penelitian saya yaitu sebesar 2,037.

Dasar Pengambilan Keputusan
Jika thitung > ttabel, atau -thitung < -ttabel maka H1 diterima dan H0 ditolak 
Jika -ttabel thitung ttabel, maka H1 ditolah dan H0 diterima.

Kita coba lihat hasil uji t yang sudah dilakukan di artikel sebelumnya 


 
Pengaruh Return on Asset Terhadap Interest Coverage Ratio
Maka hasil yang diperoleh dari perbandingan thitung dengan ttabel adalah thitung > ttabel (6,901 > 2,037), sehingga pada tingkat kekeliruan 5% H0 ditolak dan H1 diterima yang berarti variabel Return on Asset yang diberikan secara parsial berpengaruh terhadap Interest Coverage Ratio.
Hasil ini juga ditunjukkan oleh nilai signifikansi uji statistik untuk variabel Return on Asset  sebesar 0,000, artinya kesalahan untuk mengatakan ada pengaruh terhadap Interest Coverage Ratio hanya 0,0% atau berarti lebih kecil dari tingkat kesalahan yang dapat diterima sebesar 5% sehingga dapat diputuskan untuk menolak H0. Kesimpulannya, Return on Asset berpengaruh signifikan terhadap Interest Coverage Ratio.
Pengaruh Debt to Asset Ratio Terhadap Interest Coverage Ratio
Maka hasil yang diperoleh dari perbandingan thitung dengan ttabel adalah thitung > ttabel (-2,043 <- 2,037), sehingga pada tingkat kekeliruan 5% H0 ditolak dan H1 diterima yang berarti variabel Debt to Asset Ratio yang diberikan secara parsial berpengaruh terhadap Interest Coverage Ratio.
Hasil ini juga ditunjukkan oleh nilai signifikansi uji statistik untuk variabel Debt to Asset Ratio sebesar 0,49, artinya kesalahan untuk mengatakan ada pengaruh terhadap Interest Coverage Ratio hanya 4,9% atau berarti lebih kecil dari tingkat kesalahan yang dapat diterima sebesar 5% sehingga dapat diputuskan untuk menolak H0. Kesimpulannya, Debt to Asset Ratio berpengaruh signifikan terhadap Interest Coverage Ratio.
Untuk download t-tabel silahkan bisa download disini.
Terima kasih ^^







Share this

Related Posts

Previous
Next Post »

1 komentar:

Write komentar
7 Mei 2018 pukul 18.19 delete

Olah Data SPSS, AMOS, LISREL
EVIEWS, SMARTPLS, GRETL, STATA, MINITAB dan DEAP 2.1
WhatsApp : +6285227746673
IG : @olahdatasemarang

Reply
avatar